Minggu, 18 Maret 2012

Sasaran dan Strategi PENCAPAIAN


Sasaran
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini memiliki sasaran :
1.1.            Lulusan yang berkualitas dalam profesi sebagai calon guru PAUD,
1.2.            Dosen yang profesional dalam pembelajaran mahasiswa,
1.3.            Relevansi kurikulum sesuai kebutuhan sekolah-sekolah pengguna,
1.4.            Kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian,
1.5.            Aktif terlibat dalam memecahkan berbagai masalah sosial dalam   masyarakat,
1.6.            Bermitra dengan institusi lain dalam rangka penguatan kinerja institusi program studi.

Strategi PENCAPAIAN
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam pelaksanaan memiliki memiliki strategi pencapaian :
1.1.            Untuk mencapai lulusan yang berkualitas digunakan strategi berupa :
1.1.1.      Perbaikan sistem perkuliahan dengan mengupayakan volume pertemuan tatap muka perkuliahan antara 14 kali sampai 16 kali pertemuan,
1.1.2.      Perbaikan pendekatan, metode mengajar kearah pembelajaran aktif dan partisipatif,
1.1.3.      Perbaikan sistem perkuliahan kearah penggunaan media yang sesuai dengan pesan materi/kompetensi.

1.2.            Dosen yang profesional :
2.2.1        Pelatihan metodologi pembelajaran yang berbasis kompetensi,
2.2.2        Pelatihan Penggunaan dan perawatan media pembelajaran; komputer, Infokus/LCD,
2.2.3        Pelatiahn Pekerti dan AA.

1.3.            Relevansi Kurikulum :
1.3.1.      Pelatihan Kurikulum berbasis kompetensi bagi dosen dan mahasiswa,
1.3.2.      Penyesuaian materi perkuliahan dengan tuntutan kurikulum sekolah pengguna diantaranya : Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul Athfal (RA), Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), atau bentuk lain yang sederajat,
1.3.3.      Peninjauan perubahan kurikulum program studi dalam kurun waktu lima tahunan.

1.4.            Kualitas dan Kuantitas Penelitian :
1.4.1.      Pelatihan Metodologi Penelitian bagi dosen dan mahasiswa,
1.4.2.      Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),
1.4.3.      Kegiatan Penelitian dan pengkajian.

1.5.            Keterlibatan Dalam Penyelesaian Masalah Sosial :
2.5.1        Penerapan hasil penelitian dan pengajian melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat,
2.5.2        Terlibat dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dalam berbagai bentuk, baik yang melembaga maupun tidak melembaga.

1.6.            Bermitra dengan Institusi Lain :
2.6.1        Bermitra dengan Sekolah-sekolah tempat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa.
1.6.1.      Bermitra dengan instansi lain seperti Dinas Pendidikan, Universitas terbuka, Pemerintah Daerah, dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar