Sasaran
Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini memiliki sasaran :
1.1.
Lulusan
yang berkualitas dalam profesi sebagai calon guru PAUD,
1.2.
Dosen
yang profesional dalam pembelajaran mahasiswa,
1.3.
Relevansi kurikulum sesuai kebutuhan sekolah-sekolah
pengguna,
1.4.
Kualitas dan kuantitas kegiatan penelitian,
1.5.
Aktif terlibat dalam memecahkan berbagai masalah sosial
dalam masyarakat,
1.6.
Bermitra dengan institusi lain dalam rangka penguatan
kinerja institusi program studi.
Strategi PENCAPAIAN
Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam pelaksanaan memiliki
memiliki strategi pencapaian :
1.1.
Untuk mencapai lulusan yang berkualitas digunakan
strategi berupa :
1.1.1.
Perbaikan sistem perkuliahan dengan mengupayakan volume
pertemuan tatap muka perkuliahan antara 14 kali sampai 16 kali pertemuan,
1.1.2.
Perbaikan pendekatan, metode mengajar kearah pembelajaran
aktif dan partisipatif,
1.1.3.
Perbaikan sistem perkuliahan kearah penggunaan media yang
sesuai dengan pesan materi/kompetensi.
1.2.
Dosen yang profesional :
2.2.1
Pelatihan metodologi pembelajaran yang berbasis
kompetensi,
2.2.2
Pelatihan Penggunaan dan perawatan media pembelajaran;
komputer, Infokus/LCD,
2.2.3
Pelatiahn Pekerti dan AA.
1.3.
Relevansi Kurikulum :
1.3.1.
Pelatihan Kurikulum berbasis kompetensi bagi dosen dan
mahasiswa,
1.3.2.
Penyesuaian materi perkuliahan dengan tuntutan kurikulum
sekolah pengguna diantaranya : Taman Kanak-kanak (TK), Raudatul
Athfal (RA), Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), atau bentuk
lain yang sederajat,
1.3.3.
Peninjauan perubahan kurikulum program studi dalam kurun
waktu lima tahunan.
1.4.
Kualitas
dan Kuantitas Penelitian :
1.4.1. Pelatihan Metodologi
Penelitian bagi dosen dan mahasiswa,
1.4.2. Kegiatan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK),
1.4.3. Kegiatan Penelitian dan
pengkajian.
1.5.
Keterlibatan
Dalam Penyelesaian Masalah Sosial :
2.5.1
Penerapan
hasil penelitian dan pengajian melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat,
2.5.2
Terlibat
dalam kegiatan sosial kemasyarakatan dalam berbagai bentuk, baik yang melembaga
maupun tidak melembaga.
1.6.
Bermitra
dengan Institusi Lain :
2.6.1
Bermitra
dengan Sekolah-sekolah tempat Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) bagi mahasiswa.
1.6.1. Bermitra dengan instansi
lain seperti Dinas Pendidikan, Universitas terbuka, Pemerintah Daerah, dan
sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar